6 TIPS BELAJAR MENULIS DENGAN CEPAT

Belajar apapun berawal dari kemauan dan niat, ini adalah sebuah motivasi untuk belajar. Pada dasarnya manusia itu tidak ada yang bodoh melainkan malas. Banyak sekali orang berpendapat bahwa belajar menulis itu sulit dan membosankan. Tetapi menurutku tidak begitu, bahkan sebaliknya menulis itu adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan.


Perlu kekuatan niat untuk belajar menulis karena semua itu akan terjadi jika kita benar-benar mau belajar dan mau bisa. Pertama yang perlu dilakukan sebelum belajar menulis adalah mengucapkan pada diri sendiri bahwa saya yakin bisa. Ada terori, ketika kita menyebutkan bisa, maka yakin Anda akan bisa. Belajar menulis merupakan hal yang sangat positif dan menyenangkan ketika cara belajarnya sudah benar.

6 Tips balajar menulis menjadi menyenangkan, dan yakin Anda pun akan cepat bisa.

1. Action, jangan hanya niat untuk belajar menulis, tetapi lakukan dan lakukan step by step. Belajar menulis diperlukan kesabar dan ketekunan untuk bisa dan lancar menulis sebuah buku atau artikel tertentu. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah coba menulis dari hal yang Anda tahu, contohnya menulis pengalaman, hoby, atau profesi Anda.

2. Tidak perlu khawatir tentang kualitas tulisan Anda, terus saja menulis dan anggap saja hasil tulisan Anda itu khsusus untuk diri Anda sendiri. Dengan demikian Anda tidak pernah merasa ragu tetapi yang akan Anda lakukan adalah menulis dan menulis. Usahakan ketika menulis adalah asli hasil Anda sendiri sehingga Anda bisa bangga terhadap tulisan tersebut.

3. Anda harus paham, bahwa hasil karya tulis itu merupakan sebuah kebanggan bagi penulisnya, terlebih bisa memberikan informasi pada masyarakat banyak. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang penulis yang handa, sebaiknya ketika belajar menulis buatlah tulisan tentang cerpen “Cerita Pendek.

4. Akan ada sedikit kendala ketika Anda memulai menulis yaitu kata-kata pertama yang akan ditulis. Tetapi tidak perlu khawatir, Anda jangan ragu tulis saja kalimat yang ada di pikiran Anda saat itu dengan santai dan tanpa beban. Kalimat pertama yang Anda tulis merupakan ide dan gagasan awal untuk kalimat berikutnya. SO, pasti Anda bisa mengedit kalimat pertama setelah beberapa kalimat yang sudah Anda tulis. Tidak ada alasan untuk mengatakan tidak bisa menulis, karena menulis adalah pekerjaan yang menyenangkan.

5. Jika Anda sudah mulai serius menekuni sebagai penulis pemula, tentunya Anda harus mencoba menulis dengan serius. Coba Anda buat sebuah tema tulisan, kemudian susunlah garis-garis besar terkait dengan tema tulisan yang akan dibuat. Kumpulkan data-data yang relevan dengan tema tulisan tersebut sebagai bahan dan referensi ketika Anda sedang menulis. Tidak perlu ragu-ragu dan takut salah, silahkan kembangkan tulisan tersebut dari sudut pandang Anda dan yang lain.

6. Untuk mendukung kemampuan menulis Anda, adalah wawasan yang luas dengan cara banyak membaca. Membaca adalah sumber kunci dari pengetahuan dan buku adalah sumber dari ilmu pengetahuan. Semakin Anda banyak membaca buku, maka di saat yang bersamaan pengetahuan dan kata-kata sitilah yang baru akan Anda ketahui sebagai referensi ketika menulis buku atau artikel web. Kemudian, semakin banyak berlatih menulis dan didukung dengan banyak membaca, maka kemampuan Anda akan semakin meningkat.

0 komentar :

Post a Comment