7 TIPS CARA MENULIS ARTIKEL BERKUALITAS

Kata sebagian orang membuat artikel itu tidak gampang atau sulit. Jika membuat artikel itu dianggap sulit, namun bukan berarti tidak bisa dipelajari. Semua orang bisa belajar menulis artikel yang baik dengan mengetahui dasar-dasar menulis dan teknik menulis. Jika Anda berniat ingin menjadi seorang penulis penulis buku, penulis artikel untuk blog/website, dan penulis artikel untuk kepentingan tertentu, tentunya Anda harus tahu cara menulis artikel yang baik dan menarik. Untuk membuat dan menghasilkan artikel yang baik tersebut, harus dimulai menulis dengan teliti, kreatif, dan memunculkan ide-ide yang brilian tentang artikel yang sedang ditulis.

Untuk mempercepat belajar menulis, Anda harus sering latihan menulis dan juga rajin membaca. Dengan rajin menulis dan membaca, Anda akan terbiasa menulis juga wawasan Anda akan bertambah luas. Ada beberapa tips menulis yang bisa Anda baca.

1. Tema atau Topik yang Menarik

Seberapa penting tema atau topik artikel yang Anda tulis? Tentunya sangat penting karena semua orang jika ingin membeli buku atau membaca sebuah artikel, pertama yang dilihat adalah judul buku atau judul artikel. Pilihlah tema atau topik artikel yang sedang hit atau trend. Dengan demikian, akan banyak pembaca mencari informasi yang Anda tulis sehingga bukan tidak mungkin artikel yang Anda tulis menjadi bermanfaat bagi orang lain.

2. Isi Artikel harus Bermanfaat untuk Pembaca

Kualitas isi artikel harus diperhatikan dengan baik dan teliti, oleh karena itu, materi artikel harus valid dan relevan dengan fakta yang sebenarnya. Relevansi artikel yang baik akan membuat pembaca semakin percaya dengan artikel dan website Anda. Jika pembaca sudah percaya dengan artikel yang Anda tulis, maka mungkin saja artikel Anda akan menjadi sumber referensi bagi pembaca.

3. Penggunaan Bahasa yang Sederhana dan Mudah Dimengerti/Dipahami

Bahasa adalah komponen yang sangat penting ketika Anda menulis sebuah artikel atau buku. Tahukah Anda, bahwa artikel yang baik bisa dilihat dari bahasa yang digunakannya. Apakah artikel tersebut mudah dipahami atau tidak. Gunakanlah artikel yang sederhana, ringan, dan mudah dipahami oleh semua kalangan pembaca. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan istilah bahasa asing yang mungkin saja belum banyak dikenal oleh semua pembaca. Jika harus menggunakan istilah bahasa asing, Anda harus memberikan penjelasan mengenai istilah tersebut. Satu lagi, bahasa yang tidak bertele-tele (singkat, padat, dan mudah dipahami) akan banyak disukai oleh pembaca.

4. Mulai dengan Menggunakan Kalimat yang Membuat Orang Penasaran

Dalam menulis Anda juga perlu strategi diluar teknik menulis pada umumnya. Strategi yang bisa digunakan adalah tulislah di awal kalimat artikel yang bisa menarik pembaca sehingga pembaca menjadi penasaran. Dengan demikian, pembaca akan membaca semua artikel dari awal sampai selesai.

5. Penyajian Artikel haru Rapih

Jika artikel yang Anda tulis disajikan dengan rapi, maka pembaca akan semakin senang karena artikelnya semakin mudah dibaca. Rekomendasi: Anda bisa melihat dari buku atau majalah cara menyajikan artikel yang baik.

6. Bahasa Penutup

Tidak harus selalu menggunakan bahasa penutup, tetapi, bahasa penutup bisa menambah nilai plus untuk nilai artikel yang Anda tulis. Hanya sebagai seran, jangan lupa tulis kesimpulan dan rujukan referensi tulisan Anda dengan artikel terkait dari sumber lain atau berikan daftar pustaka untuk buku.

7. Gunakan Gambar/Image

Gunakan gambar sebagai ilustrasi jika diperlukan oleh artikel tersebut. Gambar yang akan digunakan harus relevan dengan materi artikel. Lebih diutaman artikel milik sendiri dan hindari copy paste jangan lupa ditulis sumbernya.

Demikian artikel hari ini, mudah-mudah bisa bermanfaat dan jangan henti-hentinya Anda terus berkarya dan gunakan ide-ide Anda sehingga tulisan Anda menjadi sempurna dan semakin menarik. 

5 komentar :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Pembuatan artikel berkualitas yaitu pembahasan yang lengkap dan mendalam serta memakai refernsi yang lengkap dan valid tapi ringan dibaca... Artikel ini menginspirasi untuk terus menulis artikel berkualitas
    http://www.mujee.web.id/blogging/artikel-berkualitas

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Blog akan terlihat profesional jika artikel2nya berkualitas... Oleh karena itu sebagai blogger harus berusaha bisa membuat artikel yang berkualitas.
    https://www.berbaginfo.web.id/2018/09/artikel-berkualitas.html

    ReplyDelete
  5. Manfaat penulis artikel online seringkali memerlukan keterampilan riset yang kuat. Penulis tidak hanya perlu mencari informasi yang tepat, tetapi juga memilah dan menilai keberhasilan sumber-sumber tersebut.

    Selain memberikan informasi, fungsi penulis artikel online juga memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan pesan dengan efektif. Mereka harus memahami audiens target dan menggunakan gaya bahasa yang sesuai.

    Kelebihan penulis artikel online memberikan peluang besar untuk berkolaborasi dengan para profesional dari berbagai bidang. Melalui artikel, penulis dapat membangun jaringan yang luas dan menjalin kerjasama dengan individu atau lembaga.

    ReplyDelete