SOFTWARE YANG HARUS DIPELAJARI PENULIS BUKU

Artikel ini ditulis untuk menambah wawasan dalam teknik menulis naskah buku dengan software yang tepat, kemudian bisa meningkatkan nilai jual naskah tersebut. Kebanyakan penulis senior, penulis muda, dan penulis pemula, sudah bisa dipastikan software yang digunakan untuk membuat naskahnya menggunakan MS. Word. Program yang dikeluarkan oleh Mircrosoft ini sangat bisa diandalkan mengingat fungsinya sangat cocok untuk para penulis. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika penulis menggunakan software selain MS. Word yang lebih bagus, dan bisa mempermudah kepada bagian settingnya sehingga terlihat profesional. Software yang dimaksud tersebut adalah Adobe Indesign, yang dikeluarkan oleh Adobe System yang kehebatan program ini tidak perlu diragukan lagi. Kenapa penulis harus menggunakan program ini? Jika penulis/pengarang sudah terbiasa menggunakan program Adobe Indesign ini maka, hasilnya akan lebih menarik, karena naskah yang ditulisnya langsung menjadi simulasi sebuah buku.

Alasan kenapa program Adobe Indesign ini harus dipelajari oleh penulis atau pengarang dalam menulis bukunya, karena program ini sangat mendukung untuk kegiatan mereka dalam menulis sehingga hasil akhirnya maksimal. Selain itu, hampir semua percetakan dan penerbitan di Dunia menggunakan program tersebut untuk proses layout buku dan yang lainnya. Untuk bisa menggunakan software Adobe Indesign ini perlu membiasakan diri karena teknik dan cara menggunakan program ini berbeda dengan menggunakan program MS. Word. Tetapi sekarang banyak sekali tutorial yang bisa dipelajari oleh penulis untuk memulai belajar bagaimana cara menggunakan program ini baik dalam bentuk konten atau video yang bisa di unduh di internet. 

Keuntungan seorang penulis jika dapat menggunakan software Adobe Indesign ini maka, selain menjadi pengarang, penulis juga sekaligus merangkap menjadi layouter dan setter. Jika itu terjadi, maka bisa dibayangkan dengan kemampuan menulisnya dan dilengkapi dengan kepiawaian dalam melayout dan mengatur tata latak sehingga gambar dan materi yang disajikan akan menjadi sangat relevan dengan materi yang ditulisnya. Hasil akhir yang akan didapat dari penulis tersebut adalah kualitas naskah dari sisi tampilan, program yang digunakan, penyajian materi yang disajikan sangat relevan dan interaktif.


2 komentar :

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete