KIAT-KIAT SEBELUM MEMBELI NASKAH BUKU

Bukan rahasia umum bahwa, penerbit memerlukan banyak naskah buku untuk diterbitkan. Di samping itu, banyak juga penulis yang ingin menjual naskah bukunya kepada siapa saja yang memerlukan. Penjual naskah jika dikategorikan menjadi beberapa kelompok di antaranya: Penulis tunggal dan komunitas penulis. Penulis tunggal adalah penulis yang menulis naskah oleh sendiri dan dijual oleh sendiri. Kemudian komunitas penulis adalah kumpulan banyak penulis yang dipimpin oleh seorang koordinatornya sebagai media untuk menjual naskah para penulis tersebut ke setiap penerbit. Bagaimana caranya “Kiat-KiatSebelum Membeli Naskah Buku” supaya aman dari unsur penipuan, plagiasi, dan masalah lainnya. 

Sebenarnya membeli naskah ke penulis tunggal dan komunitas penulis tidak menjadi masalah, tetapi harus memperhatikan beberapa hal contohnya: Surat Perjanjian Penulis (SPP), Original Contens, dan lain sebagainya. Di SPP harus dijelaskan bahwa, naskah yang dibeli tersebut apakah mau jual lepas atau royalti. Sudah barang tentu ini adalah hal yang wajib diperhatikan, karena jika tidak disebutkan status pembelian naskah buku tersebut di SPP dapat menjadi menimbulkan masalah di kemudian hari. Di SPP ada pihak penjual dan pembeli yang di dalamnya diatur oleh pasal-pasal yang sudah disepakati. Dengan adanya SPP tersebut maka, pihak pembeli dan pihak penjual naskah tersebut mempunyai batasan-batasan serta hak dan kewajibannya masing-masing sebagaimana telah diatur di dalam SPP. Jika Anda membeli naskah pada penulis tunggal, maka Anda langsung berhubungan dengan penulisnya sehingga, Anda bisa dengan mudah mendapatkan semua identitas dan tanda tangannya untuk keperluan dan syarat SPP. 

Kemudian, akan ada perbedaan jika membeli naskah pada komunitas penulis yang di mediasi oleh seorang koordinator penulis. Perbedaannya adalah harga naskah akan sedikit lebih mahal, naskah yang dibeli dalam jumlah cukup banyak, dan ada surat kuasa penjual dari penulis ke koordinator yang ditunjuk oleh para penulis. Telah disebutkan di awal bahwa, tidak jadi masalah selama ada SPP dan surat kuasa dari penulis kepada koordinatornya sehingga, Anda akan mudah untuk mendapatkan SPP masing-masing penulis karena sudah diurus oleh koordinatornya. Dalam hal ini, biasanya untuk komunikasi naskah dan revisinya, cukup berhubungan dengan koordinator penulis tersebut dan oleh koordinator akan disampaikan ke pada para penulisnya. 

Demikian artikel “Kiat-Kiat Sebelum Membeli Naskah Buku” ditulis mudah-mudahan bisa membantu untuk yang membutuhkan informasi ini. Anda juga bisa membaca Tips Aman Membeli Naskah Buku supaya tambah yakin ketika membeli naskah buku.

1 komentar :

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    ReplyDelete