CARA MENJUAL NASKAH BUKU


Menulis merupakan kebanggaan tersendiri untuk seorang penulis baik untuk penulis pemula ataupun untuk penulis senior. Harapan seorang penulis sudah barang tentu ingin cepat menjual naskah yang ditulisnya tersebut, sehingga mendapatkan apa yang diharapkannya. Terkadang, kenyataannya tidak selalu mulus dan lancar, ada saja hambatan dan rintangan yang harus dilalui. Tidak sedikit penulis kesulitan menjual naskahnya ke penerbit untuk dipublikasikan, karena disebabkan oleh beberapa hal di antaranya: Penerbit sudah mempunyai tim penulis, naskah yang Anda jual tidak sesuai dengan kebutuhan penerbit, banyaknya persaingan di antara penulis pemula dan senior, dan hal-hal lainnya. Di artikel “Cara Menjual Naskah Buku” ini akan dibahas bagaimana cara membantu memecahkan masalah di atas tersebut.

Sebelum menulis/mengarang buku, lebih baik riset terlebih dahulu jenis buku yang akan dibuat. Cari buku apa saja yang dibutuhkan pada saat itu. Jika perlu tanyakan ke rekan atau teman Anda yang bekerja di perusahaan penerbit atau kepada teman Anda yang berprofesi seorang penulis. Kemudian tips berikutnya adalah coba cari komunitas penulis yang di dalamnya ada seorang koordinator penulis yang akan memberikan pekerjaan untuk Anda. Beberapa hal di atas, adalah kebiasa yang dilakukkan saat ini untuk menjual naskah buku supaya cepat dibeli oleh penerbit. Koordinator dan komunitas penulis biasanya sudah mempunyai network yang banyak dengan para penerbit di Indonesia. Naskah yang dibutuhkan oleh penerbit biasanya dipesan kepada salah seorang koordinator penulis, kemudian disebarkan untuk dibuat oleh para penulis yang ada di dalam komunitas tersebut.

Komunikasi di antara penulis memang sangat penting untuk informasi-informasi dan membangun network antara penulis dan penerbit sehingga pekerjaan penulisan buku akan tetap ada. Jika Anda ingin mencoba menjual naskah Anda sendiri ke penerbit maka ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba sebagai berikut.

1.     Naskah yang Anda tulis harus rapi dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • gunakan jenis font times new roman.
  • paragram 1.5 spasi.
  • gunakan program MS. Word.
  • berikan hard copy dan soft copy yang dikemas dengan rapi.
  • usahakan isi naskah ditulis dengan rapi dan tersusun dengan baik.

2.     Jika Anda mau berkorban sedikit maka ada cara lebih efektif, sehingga naskah yang Anda buat bisa cepat dibeli oleh penerbitan:

  • buatlah naskah menjadi dummy dengan dilengkapi cover buku, ukuran asli, isi lengkap dengan gambar, dan betul-betul seperti buku yang sudah cetak.
  • gunakan jasa layout yang ahli dan biasa melayout buku.
  • Sebelum diprint, sebaiknya dicek terlebih dahulu kebenaran materi, gambar, dan estetika buku lainnya.
  • Jika sudah selesai dicek, sebaiknya gunakan digital printing yang mempunyai kualitas printing yang baik. 

Cara di atas sudah pernah dicoba dan hasilnya hampir seluruh naskah yang dibuat oleh beberapa penulis diterima oleh para penerbit. Alasannya adalah penerbit tidak perlu repot untuk melayout secara teknis, tetapi lebih konsentrasi kepada kebenaran materi dan siap cetak. Demikian update artikel “Cara Menjual Naskah Buku” mudah-mudahan bisa membantu kawan-kawan penulis yang kesulitan menjual naskah yang buatannya. Selamat membaca dan terima kasih.

1 komentar :