Sunday, August 24, 2014

PENILAIAN BUKU TEKS OLEH PUSKURBUK

Dunia perbukuan tentunya sudah tidak asing lagi dengan Penilaian Buku Teks yang diadakan oleh Puskurbuk. Setiap buku yang dinilaikan ke Puskurbuk akan ditelaah sesuai dengan SOP yang dibuat oleh standar Puskurbuk. Setiap penerbit berlomba-lomba untuk menilaikan buku buatannya masing-masing ke Puskurbuk. Bahkan tidak jarang, penerbit rela mengeluarkan uang ratusan juta untuk membeli naskah buku teks (khususnya kurikulum 2013). Bukan hanya pihak penerbit, para penulis lepas juga berlomba-lomba membuat naskah buku teks dengan mengacu kepada kurikulum yang dibuat oleh Kemdikbud. Dengan demikian persaingan saat penilaian sangat banyak sehingga buku-buku teks yang dinilaikan harus sangat berkualitas dan harus sesuai dengan pola Kurikulum 2013.

Pertanyaannya?, kenapa setiap penilaian buku teks ataupun nonteks yang diadakan oleh Puskurbuk selalu diikuti oleh banyak penerbit yang ada di Indonesia. Mungkin ada beberapa pendapat di antaranya:

  1. Supaya kualitas materi buku benar-benar bermutu dan bermanfaat bagi peserta didik.
  2. Supaya buku-buku yang dibuat oleh penerbit bisa dipastikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
  3. Supaya mendapatkan SK kelayakan yang dikeluarkan oleh Puskurbuk sehingga buku tersebut benar-benar sudah layak digunakan.
  4. Dengan mendapatkan SK kelayakan tersebut, maka buku-buku yang mendapatkan SK tersebut bisa diikutkan pada proyek-proyek pengadaan buku yang diadakan oleh pemerintah.

Di atas adalah beberapa pendapat kenapa banyak penerbit yang berlomba-lomba untuk menilaiakan bukunya ke Puskurbuk.

Penilaian buku yang diadakan oleh Puskurbuk tentu harus memenuhi persyaratan yang dibuat oleh Puskurbuk. Dengan demikian, pihak penerbit dan penulis membuat buku yang berkualitas dengan mengacu kepada instrumen penilaian yang dibuat oleh Puskurbuk. Persyaratan-persyaratan tersebut diumumkan dan dikirim ke setiap penerbit melalui email atau melalui informasi dan IKAPI.

Penilaian buku yang diadakan oleh puskurbukuk khusus untuk buku teks biasanya selalu diadakan ketika ada kurikulum terbaru. Jadi waktu penilaiannya diserahkan dari Puskurbuk, sehingga tidak bisa sembarangan menilaiakan buku ke Puskurbuk. Jika ingin buku teks Anda lulus penilaian, syaratnya sangat mudah yaitu pahami kurikulumnya, naskah harus berkualitas (perhatikan kualitas dan kebenaran materinya), Ikuti instrumen dari puskurbuk dengan cermat, penyajian materi harus bagus, dan kegrafikaan harus sesuai dengan isi instrumen kegrafikaan yang dikeluarkan oleh Puskurbuk.



3 comments:

  1. book is one repository of knowledge and I really appreciate the clever people who have made the book and thanks for your hard work and cleverness shared all nations
    poker online

    ReplyDelete
  2. Untuk penilaian buku nonteks pengumuman diadakannya bisa dilihat dimana ya? Thanks

    ReplyDelete
  3. Untuk penilaian buku nonteks pengumuman diadakannya bisa dilihat dimana ya? Thanks

    ReplyDelete