Thursday, August 21, 2014

PENTINGNYA DAFTAR PUSTAKA UNTUK BUKU

Daftar pustaka atau lebih dikenal dengan istilah dafus sudah menjadi kewajiban untuk dicantumkan di halaman akhir buku. Lantas apa yang dimaksud dengan daftar pustaka tesebut? Daftar pustaka adalah sumber rujukan untuk mendukung kebenaran materi yang ada di dalam sebuah buku. Daftar pustaka sangat penting untuk mendukung isi materi sebuah buku. Oleh sebab itu, daftar pustaka yang baik dan berkualitas sebaiknya diambil dari buku baik dalam negeri atau luar negeri. Untuk tahun cetak daftar pustaka tersebut sebaiknya diambil dari buku dengan terbitan buku terbaru atau maksimal 5 tahun ke belakang. Kenapa demikian? Jika daftar pustaka diambil dari terbitan terbaru, sudah barang tentu materi dan isi daftar pustaka tersebut sudah update dan informasinya lebih baru sehingga kualitasnya dan informasinya bisa lebih berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan.

Selain daftar pustaka dalam bentuk buku ada juga daftar pustaka dengan alamat website. Apakah menggunakan daftar pustaka yang diambil dari sebuah website itu bisa dipergunakan? Tentu bisa tetapi ada dua pilihan yang harus diperhatikan di antaranya.

1. Website yang berkualtas dan kridibel dengan semua informasi di dalamnya.
2. Jangan mengambil dari website pribadi.
3. Hindari mengambil daftar pustaka dari wikipidea.
4. Hindari mengambil daftar pustaka dari blogsot.
5. Hindari mengambi daftar pustaka dari wordpress.

Mengapa demikian? Karena sumber referensi yang diambil kurang bisa dipertanggung jawabkan. Beda halnya jika Anda menjadikan kompas, CNN, Time, detik, dan website berita lainya yang isi beritanya/kontennya akurat dan dasar pemikiran dan faktanya jelas. Biasanya website besar seperti mereka mempunyai wartawan dan sumber informasi yang sangat jelas. 

Selain itu, Puskurbuk (Pusat Kurikulum dan Perbukuan) juga menyarankan tidak merekomendasi sumber-sumber materi yang diambil dari wordpress, blogspot, wikipidea dan website pribadi yang sumbernya kurang jelas dan tidak bisa dipertanggung jawabkan. Jika Anda ingin menilaikan buku ke Puskurbuk maka hal-hal di atas perlu dipertimbangkan, sehingga buku yang And nilaikan ke Puskurbuk mengikuti aturan yang benar. Daftar pustaka yang diambil bisa merupakan sumber gambar, sumber materi, dan lain-lain. Demikian sekilas tentang Daftar Pustaka, semoga bisa menambah referensi ilmu bagi yang membutuhkan, sekian dan selamat membaca.

1 comment:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete